Terjang Medan Berat, Wabup Rinto Kunjungi Wilayah Terisolir di Toraja Utara

235
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang (kanan) saat menyerahkan bantuan bibit kepada warga di Lembang Parodo, Kecamatan Baruppu, Minggu (7/6/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang tak kenal hari kerja dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Wakil Bupati. Hari libur pun ia pergunakan untuk mengunjungi warganya di desa (Lembang) terbelakang di Kabupaten Toraja Utara.

Sabtu sampai Minggu (6-7/6/2020), Wakil Bupati yang akrab disapa Rinto itu bersama istrinya yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba dan Vess Community serta komunitas Trail mengunjungi Lembang Parodo di Kecamatan Baruppu, merupakan salah satu daerah yang paling terpencil di kecamatan itu. Parodo berpenduduk 80 kepala keluarga (KK) itu berada daerah perbatasan Toraja Utara dengan Mamuju Sulawesi Barat

Awak media ini yang turut serta dalam rombongan Wakil Bupati, menyaksikan bagaimana orang nomor dua di jajaran Pemkab Toraja Utara ini harus berjuang menyusuri medan terjal juga jurang yang dalam. Kondisi ini tak menyurutkan niat Wakil Bupati untuk menemui warga yang sudah menantinya di Lembang Parodo ini.

Saat tiba di Parodo, Rinto dan istri disambut ratusan warga dengan sunguhan kopi Toraja. Penat dan cucuran keringatpun terbayar sudah saat menyaksikan warga melantunkan syair-syair yang mengisahkan suka duka dan kesulitan yang mereka alami selama ini.

Salah satu tokoh masyarakat Parodo, Amos Tandi juga mengakui ketagungguhan istri Wakil
Bupati, Eva Stevany Rataba yang mampu bertahan bertarung dengan medan berat untuk sampai ke Parodo.

“Baru kali ini kami dikunjungi Anggota DPR RI, kami bangga dengan Wakil Bupati Toraja Utara dan ibu Dewan yang begitu tangguh mengarungi medan yang sangat sulit hingga bisa sampai di Parodo,” jelas Amos Tandi.

Menurut Amos, kunjungan kerja Wabup Rinto dan Anggota DPR RI kali ini memberikan harapan baru bagi Parodo, yang selama ini benar-benar mengalami kesulitan baik pembangunan infrastruktur maupun pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Kesulitan lain, lanjut Amos , yakni belum tersedianya jaringan listrik, fasilitas kesehatan, dan lainnya.

Sementara Wabup Rinto mengatakan, dengan kondisi infrastruktur jalan seperti ini, warga di Lembang Parodo tentu akan kesulitan untuk mendapatkan pelayanan. Baik itu kesehatan, khususnya bagi para ibu hamil juga pelayanan pendidikan.

“Perbaikan akses jalan untuk memudahkan warga dalam beraktifitas, terutama akses pelayanan kesehatan,” ucap Rinto.

Rinto juga menyampaikan Lembang Parodo ini sangat potensial dikembangkan untuk bidang pertanian dan perkebunan.

Saat kunker di Parodo, Wabup Toraja Utara ini memberikan bantuan bibit pangan lokal kepada masyarakat setempat.

“Untuk saat ini saya berpesan masyarakat Parodo bersabar, dan saya tetap mengingatkan meski berada di daerah terpencil, tetapi tetap mewaspadai virus Covid-19, lakukan protokoler Covid-19 seperti rajin cuci tangan, pakai masker, jaga kesehatan dan kebersihan,” pangkas Rinto.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here