Theo-Zadrak Ditetapkan Paslon Terpilih Pilkada Tana Toraja

182
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – KPU Tana Toraja menetapkan Pasangan Calon Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Theo-Zadak) sebagai Bupati terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020.

Penetapan dilakukan dalam rapat pleno KPU di Pantan Hotel, Makale, Jumat, 22 Januari 2020.

“Menetapkan pasangan Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg sebagai Paslon Terpilih Pilkada Tana Toraja 2020,” kata Ketua KPU Rizal Randa membacakan SK Penetapan sambil mengetuk palu.

Acara penetapan yang dimulai pukul 10.00 Wita itu tak dihadiri dua paslon lainnya, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Petahana) serta Albertus Patarru-Jon Diplomasi.

Meski begitu, sejumlah petinggi partai pengusung dua pasang calon tersebut hadir menerima SK penetapan.

Sementara dalam sambutannya Bupati Tana Toraja terpilih, Theofilus Allorerung pertama-tama memanjatkan syukur atas anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga seluruhnya seluruh rangkaian proses Pilkada yang berlangsung kondusif dan penuh kekeluargaan.

Ia mengatakan, Theo-Zadrak terpilih dalam proses Pilkada ini bukan karena kekuatan kami, bukan karena kehendak kami, tapi semata-mata karena anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa yang dinyatakan lewat masyarakat Tana Toraja.

“Dalam rapat pleno KPU, inilah (kemenangan) hasil seluruh masyarakat Tana Toraja, terima kasih kepada seluruh partai pengusung, pendukung, relawan Theza, dan seluruh masyarakat baik yang ada di Tana Toraja maupun di luar Toraja,” ucap Theofilus.

Menanggapi jumlah suara yang diperoleh, yakni 57.057, Theofilus mengatakan angka tersebut terasa spesial. dan memiliki makna bagi dirinya.

“Angka 57 memiliki makna bagi saya, sebab tahun kelahirannya dan kebetulan nomor plat mobil istri saya 557. Jadi Hokinya disitu, Tuhan sudah rangcangkan dari awal,” kata Theofilus disambut tepuk tangan hadirin.

Pilkada Tana Toraja yang berlangsung kondusif dan damai tak lepas dari peran jajaran keamanan yang bertugas mengawal jalannya proses pemilihan. Theofilus mengaku bangga karena memiliki jajaran kemananan yang tangguh.

Bupati Tana Toraja periode 2010-2015 itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu membangun daerah tercinta ini. Dia menyatakan Pilkada telah selesai, dimana menang kalah adalah sebuah konsekuensi yang harus diterima dengan dengan lapang dada.

Tak lupa, mantan Kepala Inspektorat itu juga meminta maaf atas hal-hal yang tidak berkenan yang mungkin dilakukan bersama relawan saat proses pemilihan berjalan.

“Harapan Theo-Zadrak momentum Pilkada telah selesai dengan baik inilah saatnya kita intropeksi diri, mari kita satu hati membangun dan mengakselerasikan daerah yang kita cintai ini. Hampir satu tahun pandemi Covid-19 melanda kita, saatnya kita akan bangkit, saatnya kita akan melakukan berbagai akselerasi sehingga daerah kita ini dapat tumbuh kembali. Kita yakin pengharapan yang akan kita raih kedepan datangnya dari Tuhan,” harap Theofilus mengakhiri sambutannya.

Untuk diketahui Pilkada 9 Desember 2020 lalu, pasangan dengan akronim Theza ini didukung oleh tiga Parpol, Demokrat, Gerindra dan PKPI. Sementara partai pendukung PSI, PAN, PKS, dan PKB. Selain itu, Theza memiliki komunitas relawan yang berjumlah hampir 57.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Theo-Zadrak memperoleh 57.057 suara atau 41,09 persen.

Sementara Nico-Victor memperoleh 51.628 suara (37,18) dan pasangan Al-John 30.159 suara (21,72).

Rencananya kepala daerah terpilih ini akan dilantik oleh Gubernur Sulsel pada 17 Februari 2021 mendatang. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here