Tingginya Kasus Bunuh Diri Di Toraja, Ini Tanggapan Anggota DPD RI

1997
0
Anggota DPD RI, Lily Amelia Salurapa.

Updatekareba.Com, Toraja – Tahun 2020 kasus Bunuh Diri di Toraja terdapat 30 kasus. Sedangkan masuk di tahun 2021 terdapat 14 kasus yang terjadi. Mayoritas yang melatar belakangi Kasus Bunuh Diri ini adalah Masalah Asmara/Percintaan

ini menjadi keprihatinan dari Senator Asal Toraja Lily Amelia Salurapa,SE.,MM. mengingat mayoritas yang melakukan bunuh diri ini masih di Usia Muda atau usia Produktif.

“Sangat disayangkan, di usia masih muda harus mengakhiri hidupnya dengan singkat, apa lagi hanya permasalahan Asmara,” tegas Lily kepada Wartawan, Senin (8/3/2021).

Peran Penting Orang tua sangat dibutuhkan dalam hal tumbuh kembang anak-anak sampai kepada jenjang yang lebih matang lagi (Pernikahan) hal tersebut sangat mendasari karena para pelaku bunuh diri tidak memiliki kemampuan untuk mengatur emosi, pesimis, dan tidak memiliki ketahanan menghadapi masalah dan tekanan hidup. Semua sikap tersebut dikarenakan resiliensi (memecahkan masalah) yang dimiliki pelaku bunuh diri lemah.

“Keluarga itu tempat segala-galanya. Secara umum seharusnya keluarga menjadi tempat yang nyaman dan memadai bagi anggotanya, terutama anak untuk mencurahkan segala permasalahannya. Orang tua juga harus peka ketika anak mengalami masalah sekecil apapun. Sesibuk apapun orang tua sempatkan untuk bisa ngobrol sama anak, 10-15 menit aja cukup,” tambah Senator Asal Toraja ini.

Ini bisa kita minimalisir ataupun kita akhiri juga, jika seluruh elemen masyarakat mampu turut berpartisipasi dalam memberikan edukasi kepada generasi muda. Peran tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah, bahkan keluarganya sangatlah yang paling utama.

Dalam rangka mendukung Program yang positif bagi generasi Muda. Lily memberikan puluhan alat Olahraga untuk di gunakan di sekolah-sekolah di Toraja dan dalam waktu dekat akan melakukan sebuah turnamen lokal untuk mendukung kegiatan yang positif bagi generasi muda.

“Generasi Muda harus aktif, melakukan hal-hal yang positif. Jika Tuhan Berkenan saya akan membuat sebuah Turnamen untuk merangkul anak-anak muda melakukan hal-hal yang positif. sehat pikiran dan juga sehat raga. rencana ini saya coba sesuaikan juga dengan situasi kondisi di Indonesia saat ini (Pandemi Covid-19), sehingga tidak menyalahi aturan yang berlaku,” Tutup Lily Salurapa.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here