Tingkatkan Inovasi, Polres Tana Toraja Inisiasi Pembuatan SKCK Online

661
0
Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait.

Updatekareba.Com, Toraja – Pernah mendengar SKCK? Pastinya tak asing lagi, apalagi untuk yang baru saja melamar pekerjaan di instansi tertentu. SKCK memiliki kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Jauh sebelum itu, mungkin sebagian dari Anda lebih mengenalnya dengan sebutan surat kelakuan baik. Secara umum, SKCK merupakan surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres).

Isi surat tersebut berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian. Jadi, surat ini hanya bisa dikeluarkan ketika pemohon tercatat tidak pernah melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKCK tersebut.

Meski hanya berbentuk selembar kertas, SKCK amat penting. Selain untuk memenuhi syarat administrasi lamaran kerja seperti penerimaan CPNS, pendaftaran sekolah ke luar/dalam negeri dan pencalonan diri sebagai pejabat pun membutuhkan SKCK.

Pada dasarnya, SKCK hanya berlaku selama enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Namun apabila sudah pernah membuat SKCK untuk melamar pekerjaan namun sudah habis masa berlakunya, maka Anda bisa mengurus perpanjangan SKCK.

Polres Tana Toraja saat ini terus meningkatkan pelayanan publik, dalam peningkatan inovasi diantaranya peningkatan inovasi SKCK Online, Pembuatan SIM Online.

“Oleh sebab itu, Kami kami tidak akan menyianyiakan kesempatan ini untuk terus meningkatkan pelayanan Publik dari hari-kehari,” kata Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait, beberapa waktu lalu.

Inovasi ini dalam upaya memberikan kemudahaan untuk masyarakat Toraja untuk pengurusan khusus Surat Keterangan Catatan Kepolisian  (SKCK) berbasis Online, masyarakat akan semakin cepat untuk melakukan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian .

Dalam proses pengurusan ini, masyarakat yang ingin melakukan Pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tidak perlu berlama-lama mengantri di depan loket pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Polres Tana Toraja.

Masyarakat bisa melakukan pendaftaran Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) melalui online dengan membuka url https://skck.polrestanatoraja.com dan melakukan pendaftaran di rumah ataupun di tempat lain dengan menggunakan gadged anda.

Setelah melakukan pendaftaran, masuk menggunakan username dan password yang telah didaftarkan dan kemudian mengisi pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

Setelah pertanyaan tersebut selesai dijawab semuanya, pendaftar akan memperoleh nomer booking atau nomer registrasi dan mendapatkan nomer registrasi pendaftaran melalui online yang nantinya saat anda di loket pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) cukup menunjukkan nomer registrasi kepada petugas dengan membawa persyaratan-persyaratan yang ditentukan.

Handover.

Syarat Membuat SKCK Online

1. Scan KTP/SIM

Berkas pertama yang harus kamu siapkan adalah scan KTP atau SIM yang masih berlaku. Kalau masa berlaku kartu identitasmu sudah habis, segera lakukan perpanjangan dulu ya. Nah, kartu identitas yang difotokopi ini alamatnya harus sesuai dengan domisili kamu sekarang ya.

2. Scan Kartu Keluarga

Selain kartu identitas berupa KTP atau SIM, untuk membuat SKCK online kamu juga harus melampirkan scan Kartu Keluarga. Kartu Keluarga ini bisa jadi rujukan jelas bagi pihak kepolisian untuk melihat rekam jejak diri kamu lewat anggota keluargamu.

Ingat, kamu harus melampirkan scan Kartu Keluargamu yang paling baru. Jika ada pengurangan atau penambahan jumlah anggota keluarga, artinya kamu juga harus mengurusnya kembali.

3. Scan Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir

Catatan kelahiran juga diperlukan lho sebagai salah satu syarat membuat SKCK di kepolisian. Karenanya pastikan semua berkas-berkas pentingmu terarsip dengan baik.

4. Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan

Surat pengantar sangat diperlukan dalam pembuatan SKCK, termasuk SKCK online. Maka pastikan kamu sudah mengantongi surat pengantar dari kelurahan yang ditandatangani dan dicap basah lurah atau kepala desa setempat.

Biasanya mengurus surat pengantar ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun hal tersebut juga tergantung kebijakan masing-masing kantor kelurahan.

5. Pas foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Kalau belum punya foto dengan background merah, segeralah diurus. Sebab syarat pas foto SKCK haruslah yang ber-background merah. Untuk membuat SKCK, kamu akan diminta melampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan sebanyak 6 lembar.

Setelah itu kamu harus mengisi formulir yang disediakan oleh kantor polisi dengan benar dan melakukan pengambilan sidik jari yang dilakukan oleh petugas.

Nah, beda lagi kalau kamu masih berstatus warga negara asing (WNA), ada beberapa syarat yang harus dilengkapi ketika ingin mengurus pembuatan SKCK online, yaitu:

– Fotokopi paspor Surat sponsor dari perusahaan (asli)
– Fotokopi surat nikah (bagi WNA yang sudah menikah)
– Fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)
– Pas foto 4×6 dengan background kuning sebanyak 6 lembar

Biaya Pembuatan SKCK Online
Pada dasarnya, biaya membuat SKCK online maupun offline sama saja. Sebelum diberlakukannya peraturan baru, biaya pembuatan SKCK adalah sebesar Rp10.000. Namun sejak 6 Januari 2017 lalu, penerbitan SKCK naik menjadi Rp 30.000.

Kabar baiknya, biaya tersebut berlaku sama di seluruh Polres/Polsek di wilayah Indonesia. Jadi kamu tak perlu bingung lagi bertanya sana-sini mengenai nominal yang harus dikeluarkan ketika mengurus pembuatan SKCK online maupun offline.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here