Tinjau Pencairan BLT di Lembang Buntu Lobo’, Wabup Toraja Utara Minta Warga Jujur

433
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang serahkan secara simbolis BLT DD di Lembang Buntu Lobo', Jumat (15/5/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Bupati (Wabup) Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, meminta warganya untuk jujur sehingga tidak ada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dobel bantuan.

“Kita sampaikan bahwa dana ini untuk kebutuhan pokok dan kita minta kejujuran dari seluruh KPM. Kita tidak ingin ada yang menerima dobel. Jika menerima dobel harus ikhlas diberikan kepada keluarga yang lainnya,” pintanya saat meninjau pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Dua Lembang yakni Lembang Buntu Lobo’ Kecamatan Sesean, Jumat (15/5/2020).

Wabup yang biasa disapa Rinto ini juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol Covid-19 dengan cara menjaga jarak, memakai masker, dan melarang pergi warganya jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Ia menambahkan, pencairan BLT yang bersumber dari DD juga memenuhi instruksi dari presiden untuk menyegerakan meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Hari ini kita memenuhi instruksi dari Presiden untuk menyegerakan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini,” tambahnya.

Wabup Rinto juga menjelaskan, bantuan BLT yang disalurkan di Kabupaten Toraja Utara bisa mengalami perubahan jika diketahui ada yang dobel penerima.

” Data itu bisa berubah jika diketahui ada yang menerima dobel anggaran misal dengan PKH atau bansos lain dari Kemensos,” jelas Rinto.

Sementara itu, pencairan BLT DD Toraja Utara yang baru dilaksanakan bukan berarti secara progres terlambat tapi merupakan bentuk kehati-hatian serta sesuai peraturan yang berlaku.

“Pencairan BLT kita tidak terlambat tetapi kita sesuai prosedur dan tahapan yang harus melakukan Muslem khusus perubahan RKP dan APB Lembang. Hal itu harus dilakukan. Untuk KPM juga dilakukan lagi verifikasi faktual oleh relawan sehingga kita sesuai perundangan yang berlaku. Jadi kita tidak terlambat,” tandasnya.

Kepala Lembang Buntu Lobo’, Martinus Ruru, Kepala BPL Buntu Lobo’, Samuel Kambuno, dan para Pendamping Desa nampak hadir dalam kegiatan ini.

Dalam laporannya Kepala Lembang Buntu Lobo’, Martinus Ruru, menyampaikan pembagian BLT ini secara door to door.

“Kami akan datangi satu persatu penerima BLT di rumah mereka, dan menempelkan stiker dimana aturannya tidak boleh dicabut,” ungkap Martinus Ruru.

Untuk Lembang Buntu Lobo’ ada 301 kepala keluarga menerima bantuan yakni dari BLT DD sebanyak 235 kepala keluarga, dari BST via PT. Pos sebanyak 54 kepala keluarga, dari Bank Mandiri 3 Kepala Keluarga, serta BRI sebanyak 9 kepala keluarga.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here