TNI Akan Kembali Terjunkan Pasukan Dalam Penanggulangan Bencana

64
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Panglima TNI Hadi Tjajanto memimpin Rapat Pimpinan TNI Tahun 2020 dengan tema “Membangun TNI yang Kuat, Unggul, Maju dan Mandiri Guna Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok” di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur (29/1). Rapat tersebut juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jendral TNI Doni Monardo dan perwakilan Kemenkopolhukam, Lemhannas, Wantannas, BIN dan Basarnas (BNPP).

Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan TNI juga memiliki tugas dan fungsi dalam penanggulangan bencana, dimana hal tersebut diatur dalam Undang Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Operasi Militer Selain perang (OMSP).

“Mengantisipasi datangnya bencana banjir, tanah longsor dan karhutla serta bencana alam lainnya, TNI menurunkan pasukan untuk membantu penanganan bencana”, ujar Hadi.

Kedepannya TNI akan meningkatkan kapasitas pasukan dan peralatan serta menjalin kerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait dalam rangka penanggulangan bencana alam.

“Untuk penanggulangan bencana TNI akan meningkatkan kapasitas pasukan penanggulangan bencana dan memperkuat alutsista serta bekerjasama dengan BNPB”, tutup Hadi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here