TOKOH MASYARAKAT BERPERAN DALAM PENENTUAN PEMENANGAN PEMILU 2019

433
0

Updatekareba.Com, Toraja – Bilamana kita mengamati kesibukan dalam setiap pemilihan kepala daerah atau pemilihan presiden bahkan pemilihan kepala desa/lembang maka tidak diragukan para pendukung, tim suskses, atau apapun namanya juga ekstra turun ke masyarakat bawah atau biasa diistilahkan ke akar rumput (grossroot), semata-mata agar calon tersebut lebih dikenal oleh para pemilih.

Selain itu para penggiat media sosial, para pakar dan pengamat berlomba-lomba menyebar informasi yang kadang-kadang membuat si calon tersebut bergembira atau bahkan berkecil hati karena capaian sementara tidak sesuai harapannya.

Salah satu dari sekian banyak lembaga yang melakukan survey adalah Celebes Research Centre yang merilis hasil surveynya. Walaupun survey ini untuk legislatif di daerah pemilihan tiga Sulawesi Selatan (Dapil SulSel 3) tetapi cukup memberi gambaran apa yang terjadi (dilakukan pada Februari 2019).

Handover

Dalam survey tersebut menyebutkan tokoh yang berpengaruh, hasilnya 23.8% tokoh masyarakat masih menjadi panutan, Kepala Desa/Lurah 19.8%, Tokoh Agama 7.0% dan Kepala Dusun 6.3%. Jika dijumlahkan keseluruhan 56.9%.

Menurut Dr.dr.Siswanto Pabidang,SH,MM, alumnus S3 Administasi UNTAG Surabaya, mengatakan rupanya masyarakat masih mempercayai tokoh masyarakatnya.

Di sini Tokoh Masyarakat berperan sebagai panutan sekaligus pengendali yang dipatuhi oleh warga masyarakat yang lain.

“Di masyarakat Toraja, Tokoh Masyarakat adalah seseorang yang karena kedudukan sosialnya menerima kehormatan dari masyarakat dan pemerintah.
Sehingga tidaklah heran jika dalam kegiatan sosialisasi, calon akan selalu melakukan pendekatan ke Tokoh Masyarakat setempat dengan harapan mendapat ‘doa restu’nya dan bisa diikuti pengikutnya,” kata Dr.dr.Siswanto Pabidang,SH,MM.

Ketua Umum Ikasmansa Toraja Utara ini menambahkan, jika ingin melakukan pendekatan maka survey di atas dapat menjadi acuan yaitu pertama ke Tokoh Masyarakat, kemudian Kepala Desa/Lurah, Tokoh Agama dan Kepala Dusun, karena sudah dapat meraup dukungan sebesar di atas 55%.

“Tapi tidak berarti elemen lain diabaikan,” ucap Siswanto Pabidang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here