TORAJA DIKEPUNG BANJIR, BPBD SIAGA SATU

897
0
Handover

Updatekareba.Com, Toraja – Hujan dengan intensitas tinggi dari sejak siang sampai malam hari terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, sejak Minggu (28/4/2019) hingga Senin (29/4/2019) malam ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja dan BPBD Toraja Utara siaga satu.

“Kami siaga satu, dan terus memonitoring serta mendata korban akibat bencana banjir, serta menyiagakan tim reaksi cepat (TRC) bagi masyarakat yang menjadi korban banjir ini,” kata Kepala BPBD Tana Toraja Alvian Andilolo.

TRC BPBD Tana Toraja yang dibantu personel Polres Tana Toraja dan Kodim 1414 Tana Toraja terus memberikan bantuan bagi korban banjir di Tana Toraja.

“Kami belum dapat memastikan jumlah kerugian dari banjir ini, tetapi sudah ratusan rumah milik masyarakat yang menjadi korban banjir,” ujar Alvian Andilolo.

Akibat cuaca ekstrim ini debit air sungai sa’dan pun meluap dan masuk ke rumah – rumah warga.

Pantaun Updatekareba.Com, air sungai sa’dan ini jumlah debit air makin meningkat, dan membahayakan masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran sungai sa’dan ini.

“Kami himbau agar masyarakat di Tana Toraja tetap siaga, karena hujan masih terus berlangsung di Toraja, hingga bisa sewaktu – waktu air sungai naik dan mengakibatkan banjir,” tambah Alvian Andilolo, yang terus melakukan pemantauan diberbagai Kecamatan yang dilaporkan terkena bencana banjir ini.

Sementara Kepala BPBD Toraja Utara Alexander Tampang juga menyatakan BPBD Toraja Utara juga siaga satu terhadap bencana banjir.

“Tim BPBD Toraja Utara saat siaga, dan mendata korban banjir, terlebih bukan hanya banjir tetapi bencana tanah longsor juga terjadi di Toraja Utara,” ucap Alexander Tampang.

Sementara BMKG melalui Stasiun Meterologi Klas IV Bandara Pongtiku mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim.

“Hujan lebat masih berpotensi terjadi di Toraja satu sampai dua jam kedepan,” kata Kepala Stasiun Meterologi Klas IV Bandara Pongtiku, Agung Sudiono.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here