Toraja Ikut Berduka Atas meninggalnya Presiden Ketiga Republik Indonesia

105
0
Wabup Tana Toraja, Victor Datuan Batara.

Updatekareba.Com, Toraja – Segenap jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Tana Toraja berbela sungkawa atas meninggalnya Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie. Putra bangsa yang dikenang sebagai seorang ilmuwan sekaligus negarawan itu mangkat pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, mengungkapkan, Toraja memiliki hubungan erat dengan Habibie dan sosok B.J. Habibie sebagai seorang negarawan yang patut dicontoh dan dijadikan teladan

“Kami segenap jajaran Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Tana Toraja turut berbela sungkawa. Mari kita doakan beliau agar diampuni segala kekhilafannya, dan diterima seluruh kebaikannya sebagai amal shalih,” ucap Victor Datuan Batara.

Victot mengungkapkan, telah menyampaikan arahan dan instruksi kepada seluruh jajaran ASN, SKPD, Camat dan Lurah Pemerintah Kabupaten Tana Toraja serta meminta kepada pimpinan instansi pemerintah maupun swasta di Wilayah Kabupaten Tana Torana sebagai bentuk penghormatan agar mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari pada 12-14 September 2019.

“Hal itu juga berdasarkan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia,” ujar Wabup Tana Toraja.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, diberikan kesabaran, dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan oleh Bapak Prof. B.J. Habibie semasa hidupnya,” tandas Victor Datuan Batara.

Di tempat terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan bahwa Presiden Jokowi langsung menginstruksikan dirinya untuk mempersiapkan segala keperluan, memfasilitasi keluarga, hingga persiapan untuk upacara pemakaman almarhum B.J. Habibie.

Menurut Pratikno, upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi esok hari. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Garnisun dan telah menyiapkan tempat pemakaman di sebelah almarhumah Ibu Ainun Habibie.

“Insyaallah upacara juga akan dipimpin oleh Pak Presiden,” kata Mensesneg di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara.

Handover (Humas Pemkab Tana Toraja).

Ini Rangkaian Proses Pemakaman Jenazah BJ Habibie

Jenazah Presiden RI ke-3 BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, pada siang hari ini. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut ini rangkaian proses pemakaman BJ Habibie dalam keterangan Sekretaris Pribadi Rubijanto, Kamis (12/9/2019).

– Pukul 12.30 WIB di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan, upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah.

– Pukul 13.00 WIB jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jaksel, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata.

– Pukul 13.30 WIB, prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata. Inspektur upacara Presiden Joko Widodo.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here