Toraja Utara Kini Punya Pelatih Futsal Berlisensi Level 1 Asia

240
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Toraja Utara mengirim satu utusan mengikuti AFC Futsal Coaching Course Level 1 yang berlangsung sejak 13 hingga 18 Januari 2020 di GOR Sport Center Mangga Dua, Tangerang, Banten.

Adapun syarat mengikuti coaching clinic level 1 AFC yaitu pelatih futsal yang sudah satu tahun memiliki lisensi level 1 Nasional.

Ketua AFK Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong atau yang akrab disapa Dedi Palimbong mengungkapkan pentingnya mengikuti kegiatan guna kemajuan olahraga futsal di Toraja Utara.

“Kedepannya lisense kepelatihan untuk mendampingi tim futsal kabupaten semakin ditingkatkan, dan saat ini kabupaten kita (Toraja Utara) belum ada yang punya lisensi level 1 AFC, ini penting kita ikuti untuk memberdayakan potensi yang ada”, ungkap Dedi Palimbong.

“pesertanya hanya 16 orang se-Indonesia, dan Toraja Utara mengutus 1 orang, ini bukti keseriusan AFK Toraja Utara dalam mengembangkan olahraga Futsal secara profesional di masa mendatang”, tambah Dedi.

Sementara itu, Dandhy Priyatna Marshal yang diutus AFK Toraja Utara mengukuti kegiatan ini menceritakan perbedaan mendasar terkait materi pelatihan level 1 AFC dan level 1 Nasional yang sebelumnya sudah pernah ia ikuti.

“Materi yang kami dapat lebih spesifik pada bentuk dan sistem permainan tim, metode latihan, nutrisi yang dianjurkan untuk pemain dan Sport Injury untuk menangani cidera pemain”, cerita Dandhy.

Futsal merupakan olahraga yang paling digemari anak muda Toraja saat ini. Tercatat pada tahun 2019 kemarin 9 turnamen futsal lokal berlangsung.

Selain itu, AFK Toraja Utara juga aktif mengikuti kompetisi futsal antar kabupaten setiap tahunnya.

Selain meningkatkan lisensi pelatih, AFK Toraja Utara juga akan mendorong beberapa wasit futsal untuk memperoleh lisensi nasional.

“akan kita upayakan agar kedepannya pelatih dan wasit futsal lokal lebih diberdayakan di setiap kompetisi, tidak perlu lagi bayar mahal-mahal dari luar”, tutup Dedi Palimbong.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here