Torut Kabupaten Pertama Launching Vaksin Moderna di Sulsel

1009
0

Updatekareba.com, Toraja – Launching vaksinasi covid-19 dosis ketiga bagi Forkopimda dan tenaga kesehatan  kabupaten Toraja  atas kerjasama Pemerintah Daerah kabupaten Toraja Utara bersama Kementrian  Kesehatan Republik Indonesia, dilaksanakan di lantai 2 kantor Bupati Toraja Utara, Selasa, 10 Agustus 2021.

Launching dibuka langsung oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, yang dalam sambutannya mengatakan pembagian vaksin moderna harus merata bagi tenaga kesehatan dan pelayan masyarakat yang aktifemberikan pelayanan di tengah pandemi.

“Bapak – ibu (tenaga kesehatan)  adalah sebagai ujung tombak pelayan dilapangan dan kita bangga serta berterima kasih  kepada pemerintah pusat. Toraja Utara lakukan masuk pada 415 kota di Indonesia yang mendapatkan vaksin ini. Pesan saya agar pembagian  vaksin betul – betul merata disemua lini, terutama petugas kesehatan yang lebih banyak bersentuhan dengan pelayanan. Dan kita berharap dapat memutuskan mata rantai virus Corona-19 dengan
Menekan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan,” ungkap Bupati Toraja Utara.

Dalam sesi wawancara,  Kepala Dinas Kesehatan, Elizabeth R Zakaria menuturkan bahwa launching perdana ini, Toraja Utara mendapatkan Vaksin Moderna sebanyak 73 Vial.

“Launching vaksin Covid-19 dosis ketiga ini bagi tenaga kesehatan dari Puskesmas,yang kemudian mereka akan laksanakan  vaksin di masing- masing Puskesmas, kini tersedia vaksin Moderna sebanhak 73 vial, yang menurut WHO vaksin ini 95 persen efektif. Launching Vaksin Moderna di Toraja Utara merupakan perdana di Sulsel. Harapan kami, semoga masyarakat tidak terpapar lagi,” ungkap Elisabeth R  Zakaria

Penggunaan Vaksin Moderna saat ini sebanyak 7 vial (Satu vial untuk 14 orang) ,jadi ditargetkan bagi 100 orang,yang dilaksanakan Oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Tallunglipu

Pelayanan perdana lunching dosis ketiga kepada wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V Palimbong, selanjutnya Kapolres Toraja utara, AKBP Yudha Wiradjati Kusuma, Ny. Damayanti V Palimbong dan selanjutnya para tenaga medis.

Tampak hadir pada launching adalah Kacabjari Tana Toraja Deri F Rachman, Dandim1414 Tana Toraja Letkol Inf.Amril HairumanTehupelasury S I.P, para Dokter  dan tenaga kesehatan.(UK/**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here