Turut Menjaga Ketahanan Pangan Di Lembang Sikuku, KKN UKI Toraja Buat Ini

560
0
Hamdover.

Updatekareba.Com, Toraja – Pandemi Covid-19 memaksa orang tinggal di rumah memunculkan budaya baru, yaitu berkebun di pekarangan rumah dengan menanam sayuran.

Adanya lahan kosong untuk berkebun dan memanfaatkan luasan tanah di pemukiman perumahan, mendorong mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja bersama Melawan Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang memaksa orang untuk tinggal di rumah terutama saat menjalani masa karatina selama 14 hari tentu memunculkan budaya baru. namun dalam menjalani masa karantina tentu beragam aktivitas bisa dilakukan. Salah satunya ialah berkebun.

Selain memberikan manfaat, kegiatan tersebut juga dapat menghalau kebosanan karena tidak memiliki aktivitas rutin seperti pekerja yang harus bekerja di rumah, terutama bagi sekelompok mahasiswa KKN yang baru saja tiba di lokasi.

Meski demikian, sejumlah masyarakat terutama kaum muda tampaknya sulit melakoni adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi.

Melihat hal tersebut, mahasiswa peserta KKN UKI Toraja yang si tempatkan di Lembang Sikuku’ kecamatan Kapala Pitu justru terdorong untuk memanfaatkan masa Karantina mereka dengan berkebun sebagai salah satu wujud dari program kerja.

“Kegiatan ini merupakan salah satu edukasi kepada setiap masyarakat untuk tetap produktif walaupun di masa pandemi. Kami berharap bahwa masyarakat yang sedang menjalani masa karantina seperti kami dapat memanfaatkan waktunya dengan membuat usaha sendiri seperti berkebun sehingga dapat menjadi ladang penghasilan di masa pandemi ini” kata Victor Karaeng selaku koordinator lembang, Jumat (24/7/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa ,kegiatan ini merupakan Acuan implementasi dari pelaksanaan program kerja yang tentunya mampu memberikan dampak nyata dan positif ke masyarakat terutama dalam hal ketahanan pangan.

“Dalam kurang lebih dua bulan kedepan tentunya banyak hal yang akan kami lakukan dan di harapkan dapat memberikan sisi positif dalam pembangunan desa” tutur Victor.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here