Unhas Kini Punya Science Techno Park

143
0
Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro.

Updatekareba.Com, Makasar – Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada Universitas Hasanuddin (Unhas) atas kehadiran Science Techno Park (STP) milik Unhas.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Bambang pada saat memberikan sambutan pada peresmian Science Techno Park Universitas Hasanuddin di Makassar, Jum’at (9/4/2021) kemarin.

“Kami menyambut baik inisiatif Unhas untuk mendirikan science techno park. Kalau kita melihat science techno park dalam skala luas, ini bukan sekedar proyek fisik, bukan hanya sekedar meresmikan gedung baru atau fasilitas baru saja, tapi yang terpenting adalah aktifitas dan isi di dalamnya. science techno park merupakan tempat lahirnya hasil inovasi dan riset yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Menteri Bambang.

Di hadapan jajaran kepemimpinan di Unhas Menteri Bambang berpesan, Unhas harus menyesuaikan diri dengan era saat ini. Itu sebabnya Menteri Bambang berharap science techno park Unhas harus mampu melahirkan startup-startup yang digerakkan terutama oleh para mahasiswa. Startup sebagai inovasi bidang digital di masa terkini tersebut juga harus lahir untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Di sinilah pentingnya science techno park Unhas, yakni menjembatani laboratorium riset perguruan tinggi dengan dunia nyata atau dunia usaha atau komersialisasi,” kata Menristek.

Menristek Bambang juga menyinggung keberadaan Unhas di tengah masyarakat yang terkenal memiliki jiwa dagang atau wirausaha yang kuat. Kampus itu, dan science techno park yang dimiliki, diharapkannya bisa menjadi agen perubahan ke wirausaha digital.

“Meskipun riset di bidang pertanian, dia bisa melahirkan smartfarming, Unhas harus menjadi pelopor bagi entrepreneur Sulawesi Selatan di masa depan yang sudah berbasis digital,” ujar Menteri Bambang.

Kemudian, Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan bahwa saat ini Unhas fokus pada bidang pangan dan pertanian. Meskipun science techno park baru diluncurkan pada hari itu, Dwia mengatakan “Kami sudah punya banyak produk yang siap ditindaklanjuti sektor industri.” Sesuai pesan Menristek pula, Dwia juga mengatakan science techno park Unhas akan melatih dan membina mahasiswa-mahasiswa menjadi entrepreneur.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir mendampingi Menristek, Sekretaris Kemenristek/ Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito, Staf Khusus Menristek Bidang Komunikasi Danang Rizki Ginanjar, dan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani. Serta turut hadir melalui video conference Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam.(***/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here