Untold Story : Tsunami di Pesisir Laut Selatan Jawa

355
0
Handover (Humas LIPI)

Updatekareba.Com, Jakarta – Geomitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kisah-kisah mitos yang kemudian dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi. Prinsip yang digunakan adalah bumi mempunyai siklus untuk peristiwa-peristiwa yang ada di dalamnya apakah itu letusan gunung, tsunami, banjir, gempa, dan sebagainya.

Kepercayaan manusia pada saat itu berbeda dengan saat ini maka mereka membuat cerita yang menginterpretasikan peristiwa itu berdasarkan apa yang mereka percayai.

Harapannya dengan cerita itu, masyarakat mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman-ancaman bencana sehingga baik kerugian maupun korban dapat dikurangi dengan menginterpretasikan dan mengapresiasi cerita-cerita itu dari sudut pandang akademis.

Sebagai contoh adalah mitos Kanjeng Ratu Kidul Saat Panembahan Senopati (raja pertama Mataram) pergi ke pantai selatan untuk bersemedi mendapatkan petunjuk, terjadilah gelombang yang sangat besar, airnya panas, dan mematikan segala makhluk hidup.

Mitos tentang Ratu Kidul diyakini adalah metafora pernah terjadi gelombang besar di pantai selatan Jawa.

Tetapi untuk kebutuhan politik dari Panembahan Senopati yang ingin
menjadi raja baru sedangkan dia bukan keturunan darah biru,
maka perlu legitimasi politik yang dikemas dalam bentuk mitos turun temurun.

Menurut penelitian, perbedaan ekstrem kontur daratan di sisi timur Parangtritis dan dataran sebelah barat mengindikasikan pernah terjadi tunjaman akibat patahan hebat, diduga karena terjadinya tsunami dahsyat di pesisir Jawa beratus tahun silam.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here