Video Conference Rakornis TMMD dengan Aster Kasad, Kasdam Hasanuddin Beberkan Sejarah AMD?

124
0
Handover (Pendam XIV Hasanuddin).

Updatekareba.Com, Makassar – Walau ditengah Pandemi Covid-19, TNI tetap akan melaksanakan TMMD/AMD. Kegiatan ini dibuka melalui Rapar Koordinasi (Rakornis) TMMD ke 108.

Untuk diketahui, Rakornis TMMD ke 108 ini dibuka oleh Aster Kasad Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si mewakili Kasad selaku PJO TMMD.

Dan didampingi Mayjen TNI Nurcahyanto, Waaster Panglima TNI, Baharkam Polri diwakili Brigjen Pol Tajudin, Direktur Kelembagaan dan Kerja sama Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Dr. Deddy Winarwan.

Tentu, Rakornis yang dilaksanakan secara virtual ini juga dihadiri pihak Kodam XIV Hasanuddin dipimpin Kasdam Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Andi Muhammad.

Menurut Brigjen TNI Andi Muhammad, pencetus program TMMD (AMD) adalah Menhankam/Pangab dari Sulsel yaitu Jenderal M. Yusuf.

“Sekitar tahun 80-an mulai bergulir ABRI Masuk Desa (AMD), saya masih SMA membuka sabuk perbatasan seperti di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur (Kalimantan Utara sekarang),”kata Kasdam Brigjen Andi saat Rakornis secara virtual dengan teknologi video conference, dari ruang Puskodal Makodam XIV, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (9/6/2020).

“Sejak adanya TMMD masyarakat merasakan betul manfaat hasil TMMD dan Kemanggulan TNI dengat Rakyat karena manfaatnya tersebut, maka program TMMD hingga saat ini masih relevan diteruskan bahkan saat ini sudah yang ke 108 ini suatu perjalanan yang panjang walaupun telah  banyak perubahan dimana dulu AMD kemudian ada TMMD imbangan dan TMMD berskala besar,” lanjutnya.

Pelaksanaan TMMD ke 108, masih dalam  situasi Pandemi Covid-19,  karena itu  pelaksanaan TMMD di wilayah Kodam Hasanuddin kegiatan, Non fisik dimanfaatkan untuk penyuluhan- penyuluhan yang berkaitan dengan pemutusan mata rantai Covid-19.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19 TMMD terus berjalan dengan mempedomani protokol kesehatan secara disiplin” terang Brigjen Andi Muhammad.

Penyuluhan kesehatan  tentang Covid, penyuluhan hukum tentang aturan Covid, physical distancing, penggunaan masker dan lain-lainnya.

“ini sudah disetujui oleh Aster bahkan perwakilan dari Kemendagri untuk memanfaatkan dana desa bagian dalam penanganan Covid-19 dan Jaring Pengaman Sosial” jelas Brigjen Andi.

“Sasaran TMMD untuk wilayah Kodam Hasanuddin ada 4 kabupaten yakni kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Konawe Kepulauan dan Kolaka” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Kasdam  menyerahkan piala dan piagam penghargaan dari Kasad dan Pangdam Hasanuddin, serta uang pembinaan kepada Kapendam XIV Hasanuddin Kolonel Inf Maskun Nafik yang berhasil meraih juara III Lomba Karya Jurnalistik  TMMD ke 107 TA 2020 kategori Kapendam. (*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here