Wabup Bassang Pastikan Akan Maju Dalam Pilkada Toraja Utara 2020

3992
0
Handover

Updatekareba.Com, Toraja – Walau saat ini masih disetujui sebagai Wakil Bupati Mimika, Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Mimika, Yohannes Bassang akan maju dalam kanca politik di Toraja Utara, tanah kelahiranya.

Pada Tahun 2020 nanti akan diadakan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Momen ini secara tidak langsung telah membuat orang termasuk partai politik yang menyiapkan diri menghadapi perhelatan lima tahunan ini.

Bupati Toraja Utara saat ini dijabat oleh Kalatiku Paembonan. Dan salah satu yang mulai dilirik adalah Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang.

“Doakan ya, saya akan kembali membangun tanah kelahiran saya di Toraja Utara ”kata Yohanis Bassang, kepada Updatekareba.Com, Senin (29/4/2019) siang.

Handover

Dalam memilih pasangan nanti, Wabup Bassang memastikan akan sangat selektif. Selain popularitas dan nama besar, topografi kedaerah juga menjadi faktor kunci ia memilih pendampingnya.

“Di Toraja, saya ini termasuk orang yang berasal dari dataran rendah. Jadi saya harus memilih yang berasal dari bagian selatan atau mendarat, ”ungkapnya.

Pengalaman sebagai wakil bupati mendampingi Bupati Eltinus Omaleng pada periode 2014-2019, yakin akan menuai kemenangan pada perhelatan demokrasi di Toraja Utara nanti.

“Saya banyak belajar dan menuangkan ilmu dari pengalaman ini dan menjadi referensi serta modal kuat bagi saya untuk maju. Saya akan maju di Toraja Utara,”ungkap Yohanis Bassang.

Ia mengatakan, sejumlah persiapan teknis menuju perhelatan 01 Toraja Utara melebihi ini telah dilakukan. Ia terus melakukan koordinasi, membangun kepercayaan, dan meyakinkan bersama timnya kepada masyarakat di Toraja Utara.

“Secara fisik siap. Saya orang yang percaya pada keyakinan. Saya percaya bisa mencapai tujuan ini dengan pertolongan Tuhan. Ini keyakinan. Kalau tidak yakin, kenapa harus melibatkan, ”paparnya.

Ketika disinggung tentang partai politik mana yang akan diusungnya, Yohanes Bassang dengan mantap mengatakan akan maju dari jalur independen. Walau diakuinya, ada beberapa partai politik yang diundang.

“Tapi aku mau maju dari jalur independen. Sama seperti saya dengan Bupati Omaleng kemarin. Hanya ada beberapa tahapan yang sangat berbeda di sana, jadi kita benar-benar harus melakukan negosisasi, komunikasi dan meminta dukungan langsung dari masyarakat. Ini poin plusnya. Semakin kita mendapatkan banyak dukungan, ini menjadi dasar awal saya. Karena sudah ada komitmen langsung dengan masyarakat. Selain itu juga untuk mengeluarkan biaya politik, ”jelasnya.

Wabup Bassang mengatakan rencana politiknya di Toraja Utara nanti meminta kompilasi ia selesai mendukung sebagai Wakil Bupati Mimika pada 6 September nanti. Saat ini ia masih fokus membangun Mimika.

“Itu rencana ke depan. Tapi melebihi ini, saya harus fokus dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai wabup Mimika. Banyak hal yang sudah berjalan dengan baik tetapi belum ada yang belum selesai di akhir masa ini, saya benar-benar ingin membangun Mimika mendampingi bupati agar apa yang menjadi harapan dan kepercayaan masyarakat ke kami berdua, kami selesai sampai akhir, “tegasnya.

Handover

Wabup Bassang juga menyetujui selama disetujui, telah memenangkan banyak keberhasilan yang dibuat bersama Bupati Omaleng. Diantaranya Bandara Moses Kilangin, Jalan Cenderawasih, jalan tembusan Hasanudin – SP V, jalan Lingkungan, dan beragam pembangunan lainnya.

Bukan hanya di bidang pembangunan. Bidang pemerintahan, ekonomi, sosial budaya, keamanan hingga kemasyarakatan juga memiliki banyak menuai hasil positif dan meningkatkan perkembangan serta perubahan dimasa kepemimpinanya bersama Bupati Omaleng.

Bulan juni tahun 2019 ini ,tahapan Pilkada Toraja Utara sudah mulai,

“Saya akan door to door menggalang massa untuk merebut simpatik dari seluruh masyarakat Toraja Utara”, tambah Bassang.

Nama Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara Frederik Victor Palimbong yang disapa Dedi Palimbong, disebut – sebut salah satu nama yang diusulkan jadi pendamping Yohanis Bassang di Pilkada Toraja Utara 2020.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here