Wabup Rinto Minta Semua Pihak Dukung Tahapan Coklit Pilkada 2020 Oleh KPU Toraja Utara

235
0
Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang.

Updatekareba.Com, Toraja – Bagi warga Kabupaten Toraja Utara yang telah masuk dalam daftar pemilih pada Pilkada bulan Desember 2020 mendatang, agar mempersiapkan dokumen saat Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang akan dimulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

“Dokumen yang dibutuhkan petugas kami saat melakukan Coklit ke rumah warga, seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) atau Surat Keterangan (Suket E-KTP) serta menjawab semua pertanyaan PPDP dengan jujur,” ungkap Komisioner KPU Toraja Utara Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Simeon Sarira, Selasa (14/7/2020).

Simeon mengatakan bahwa semua petugas PPDP yang akan melakukan coklit ke rumah warga, akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD). Seperti pelindung wajah, selain itu juga menggunakan identitas diri, ban lengan dan rompi.

“Kami sangat berharap agar warga Toraja Utara berpartisipasi demi semakin baiknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara bulan Desember mendatang,” harapnya.

Sempurnanya DPT hasil coklit, sebut Simeon, akan membuat tahapan Pilkada lainnya di Kabupaten Toraja Utara berjalan lancar, berkualitas dan tanpa hambatan. Kemudian, jumlah pemilih Kabupaten Toraja Utara berdasarkan data model A.KWK (Formulir daftar data pemilih) yang masuk ke dalam aplikasi Sistem Daftar Pemilih (Sidalih) berjumlah 176.474 jiwa.

Data tersebut mengacu kepada Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Toraja Utara dalam Pilkada serentak tahun 2020 yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri.

“Daftar Pemilih atau A.KWK yg akan dimutakhirkan melalui Coklit atau Pencocokan dan Pebelitian) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) secara door to door di 546 TPS, Jumlah Pemilih jenis kelamin Laki-laki 88.903 jiwa, dan perempuan 87.571 jiwa,” ucap Simeon.

Masyarakat umum juga bisa pro aktif mengecek di internet mulai besok tgl 15 juli 2020 namanya di website https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/ .

“Jika belum terdaftar bisa menghubungi petugas PPDP diwilayahnya untuk didaftarkan,” tambah Simeon Sarira.

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, mengajak masyarakat untuk turut serta mensukseskan gerakan coklit di Kabupaten Toraja Utara dengan cara memastikan terdaftar sebagai pemilih kepada petugas coklit yang akan turun.

”Dalam pemutakhiran data dan daftar pemilih, kami minta kepada seluruh aparat Pemkab Toraja Utara mulai dari OPD sampai Kepala Lembang untuk mendukung seluruh rangkaian tahapan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Toraja Utara. Mereka dapat membantu KPU dengan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ucap Yosia Rinto Kadang.

Dengan dukungan semua pihak, lanjut Rinto, akan mampu menghasilkan Pilkada Toraja Utara yang berkualitas, dengan partisipasi pemilih yang diharapkan KPU.

”Tentu dalam setiap tahapan pilkada harus mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kami meminta masyarakat untuk tidak ragu menerima petugas, karena akan menjalankan tugas sesuai protokol kesehatan,” ungkap Wabup Rinto.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here