Wabup Rinto Sidak RSUD Pongtiku Toraja Utara

414
0
Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, sidak RSUD Pongtiku, Jumat (27/3/2020).

Updatekareba.Com, Toraja –  Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang,ST meninjau RSUD Pongtiku yang terletak di dusun Mapaken, Kel. Tantangan, Kec. Tallunglipu, Jum’at (27/03/2020).

Kehadiran orang nomor dua di Toraja Utara ini untuk meninjau kesiapan tenaga medis dan Rumah Sakit dalam menghadapi wabah Virus Corona yang tengah melanda Indonesia.

Yosia Rinto Kadang, yang akrab disapa Rinto ini menuturkan walaupun bukan sebagai RS Rujukan Penanganan Covid-19 dari Kementrian Kesehatan, RSUD Pongtiku harus siap menghadapi virus Corona.

“Kita tidak akan menyangka jika ada pasien yang dirawat di RSUD Pongtiku ternyata positif Corona, jadi Tenaga Medis yang bekerja di RSUD Pongtiku harus siap pula menghadapi wabah Virus Covid-19 ini,” tuturnya.

Hasil Sidak ini, Rinto mengungkapkan bahwa banyak hal kekurangan dan masalah yang dihadapi RSUD Pongtiku.

“Tenaga Medis RSUD Pongtiku sangat rawan terpapar Virus Corona, karena Alat Pelindung Diri tidak sesuai prosedur kesehatan, serta alat kesehatanpun belum memadai,” ungkap Rinto.

Selain melihat langsung kondisi dan situasi RSUD Pongtiku, Yosia Rinto Kadang menyerap aspirasi Tenaga Medis.

“Banyak aspirasi atau keluhan dari tenaga medis saat kunjungan ini, seperti ada tenaga PHT yang memiliki SK, tetapi dari bulan Juli 2019 tidak mendapatkan gaji. Selain tenaga Honorer, Dokter yang bekerja di RSUD ini ternyata belum mendapatkan gaji. Masalah Keamanan pun sangat dialami, karena Satpol PP hanya bertugas sampai jam 2 siang, yang seharusnya keamanan RSUD ini harus dijaga selama 23 jam,” ungkapnya.

Hasil Sidak ini, Rinto akan menyampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Satpol PP dan Damkar.

“Hasil sidak di RSUD ini akan saya sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Kadis Satpol PP dan Damkar, dan akan tetap saya kawal sampai semuanya terealisasi,” tegas Yosia Rinto Kadang.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here