Wabup Tana Toraja Ikut Deklarasi Gerakan Toraja Integritas

416
0
Wabup Tana Toraja Victor Datuan Batara, saat mendatangani deklarasi gerakan Toraja Integritas, Kamis (29/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara hadiri deklarasi gerakan integritas di Toraja Heritage Hotel, Kamis (29/8/2019).

Wabup Victor menyatakan dukungan terhadap gerakan Toraja Integritas dengan ikut bertanda tangan pada deklarasi integritas ini.

“Kita harus mulai tegakkan integritas di Toraja disemua sendi kehidupan masyarakat Toraja,” kata Victor Datuan Batara.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dan Wakilnya Yosia Rinto Kadang, Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalia Dewi Tonglo, Ketua KNPI Tana Toraja Sarwindy Biringkanae, dan Ketua KNPI Toraja Utara Belo Tarran ikut serta mendukung gerakan ini.

Sementara Ketua panitia Deklarasi Gerakan Integritas di Toraja Brikken Linde Bonting menyampaikan Salah satu dampak reformasi adalah menguatnya kebebasan yang dalam hal kebablasan, baik kebebasan berpendapat maupun kebebasan bertindak atau berbuat.

“Ekspresinya antara lain ekses yang menyertai pemilihan pemimpin pada semua tingkatan dalam bentuk politik uang atau money politik yang populer dengan singkatan MP,” ungkap Brikken Linde Bonting.

Selain itu kemajuan pesat teknologi informasi, berkembangnya ekonomi masyarakat dan mudahnya eksabilitas antar daerah juga telah menimbulkan banyak ekses negatif seperti bisnis peredaran dan penyalagunaan narkoba, bisnis kehidupan malam yang tidak terkontrol, kekerasan antar pelajar, kekerasan seksual, maraknya perjudiaan baik yang konvensional maupun yang berlindung dibalik adat dan budaya.

Akibatnya cita – cita bersama untuk menjadikan toraja maju, jaya, dan sejahterah dalam tuntunan nilai – nilai spritualitas menjadi tidak mudah terwujud.

“Mengambil bagian dalam upaya menolak keras, melakukan pencegahan atas fenomena money politic, penyaluganaan narkoba, judi, kekerasan dikalangan anak muda, dan penyimpangan seksual,” ucap Mantan Ketua KNPI Toraja Utara ini.

Tema yang diangkat dalam gerakan ini “Toraja Unggul Dan Maju Dengan Integritas”.

Hadir dalam kegiatan ini para Tokoh Diaspora Toraja dan Pejabat dari KPK, peserta Lemhanas, serta para tokoh adat dan masyarakat Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here