Wabup Toraja Utara ; Kita Masuk New Normal, Bukan Normal !

532
0
Salah satu prosesi acara adat Toraja yang menerapkan protokoler kesehatan di New Normal.

Updatekareba.Com, Toraja – Di masa New Normal Covid-19, Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, mengingatkan kepada pihak agar patuhi protokoler Kesehatan yang tetap harus diikuti.

“Untuk masyarakat umum, nanti ada sosialisasi yang dilakukan secara masif. Dimanapun kita harus patuhi protokol kesehatan,” kata Yosia Rinto Kadang, Sabtu (4/7/2020).

Pemerintah, kata Rinto sapaan akrabnya, tidak melarang masyarakat untuk melakukan aktivitas produktif atau bekerja. Namun mulai sekarang masyarakat harus belajar dengan tatanan hidup baru atau new normal

“Kalaupun kemana – mana saya berharap tidak ceroboh untuk tidak pakai masker. Apalagi dengan bebasnya ngumpul-ngumpul tanpa memperhatikan protokol kesehatan,” tegasnya.

Kepada para pelajar, Wabup Rinto berpesan untuk tetap belajar di rumah, kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat, termasuk kumpul-kumpul tanpa memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

“Pesan saya, Saya tahu kalian masih menganggap ini enteng, bahkan kumpul-kumpul main game, sampai ada yang peluk-pelukan hingga ketangkap pesta miras. Saya minta janganlah seperti itu, tugas kalian adalah belajar,” ingatnya.

Kepada para orangtua, Rinto meminta kepeduliannya untuk mengawasi anak-anaknya masing-masing.

“Okelah mereka kumpul-kumpul, tapi patuhi protokol kesehatan. Masa main game dari jam 06 sore sampai jam 09 malam. Makanya saya minta tolong diawasi anaknya masing-masing,” pinta Rinto.

Hal yang sama juga dipesankan Wabup Rinto pihak rumah sakit, agar tetap melayani atau menangani seluruh pasien dengan baik.

“Layani pasien dengan baik, tetapi tetap harus mengikuti protop kesehatan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Toraja Utara,” ujarnya.

Diharapkan tidak ada lagi masyakarat Toraja Utara yang terinfeksi Covid-19, maka dari itu agar semua pihak, dan masyarakat itu sendiri mematuhi protokol kesehatan di masa New Normal Covid-19.

“Masyarakat sudah menganggap ini sudah normal, padahal sekarang new normal tetap ada batasan, dengan kelonggaran, karena kalau saya lihat masih banyak yang kumpul-kumpul,” ucapnya.

Kepada tim medis di rumah sakit, Wakil Bupati juga ingatkan agar selalu menjaga diri, gunakan protokol kesehatan ketika menjalankan tugas.

“Memberi pelayanan kepada pasien di RS dan Puskesmas dengan pelayanan baik, sosialisasi ditingkatkan, agar masyarakat memahami,” ungkapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here