Wabup Toraja Utara ; Manfaatkan Lahan “ Nganggur “ Untuk Peningkatan Perekonomian

114
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, saat panen cabai di Kecamatan Bangkelekila, Rabu (3/6/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang melakukan panen cabe atau lombok bersama Kelompok Tani Sesesalu di Dusun Tiromanda’, Lembang Batu Limbong, Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (3/6/2020).

Disela sela panen, Wabup Rinto memuji Kelompok Tani Sesesalu yang telah berhasil memanfaatkan lahan tak terpakai (nganggur) dan menyulapnya menjadi lahan yang menguntungkan.

“Luar biasa Kelompok Tani Sesesalu telah berhasil dalam bercocok tanam Cabe dengan memanfaatkan lahan yang nganggur dengan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” puji Yosia Rinto Kadang.

Wabup menyebut, ini merupakan contoh bagi para petani lainnya untuk memanfaatkan lahan yang tak terpakai menjadi lahan sumber penghasilan yang menguntungkan.

“Sebab hal yang serupa sangat bagus sekali untuk di kembangkan di masyarakat sekaligus meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Negeri diatas awan Bumi Pongtiku ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rinto berharap kepada Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian untuk lebih meningkatkan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara memanfaatkan lahan tak terpakai usai panen menjadi lahan yang menguntungkan bagi masyarakat Toraja Utara.

” Segeralah kita ambil alih lahan yang kosong untuk segera bercocok tanam yang memiliki waktu tanam singkat,” tandasnya.

Ketua Kelompok Tani Sesesalu, Butti, yang turut hadir dalam panen cabe menyampaikan bahwa sebanyak 2 hektar lahan pertanian cabe yang saat ini dikelola dengan berbagi varian tersebut bersumber dari bibit hasil kelompok tani tersebut.

“ Kami ucapkan terimakasih kepada Wabup Rinto yang terus mendukung kami dalam menjalankan program pertanian ini, sehingga kami menghasilkan panen yang sangat memuaskan,” ungkap Butti.

Dalam kesempatan ini Wabup Rinto menyumbangkan satu unit alkon untuk Kelompok Tani Sesesalu, sambil mengingatkan Kelompok Tani Sesesalu agar tetap mengikuti protokoler Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam bekerja serta paling utama tetap menjaga kesehatan.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here