Wabup Victor Dampingi Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla Tinjau Proyek PLTA Malea Di Toraja

1642
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja — Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Malea di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (12/11/2019), didampingi Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara.

Proyek PLTA Malea yang akan mengelola air Sungai Saddang ini yang akan dijadikan energi listrik rencananya dibangun sejak tahun 2018.

Diketahui proyek PLTA tersebut hasil kerja sama Toshiba Group untuk penyediaan peralatan pembangkit listrik tenaga air untuk proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Malea di Tana Toraja, Sulsel. Dan PT Malea Energy salah satu anak perusahaan Kalla Group yang membangkitkan dan mendistribusikan energi listrik tenaga air di Indonesia.

Peralatan pembangkit listrik akan dikirim pada awal 2018, salah satunya turbin dengan kecepatan rotasi yang tinggi. Pembangkit ini dijadwalkan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2020.

Dua set 45-megawatt turbin air dan peralatan pembangkit listrik tenaga air ini merupakan bagian dari kebijakan era Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang memiliki rencana pembangunan pembangkit listrik 35 Giga Watt, kapasitas terpasang selama lima tahun ke depan. Pembangkit baru ini diharapkan akan memberikan kontribusi dalam mencapai target.

Sebelum meninjau proyek nasional ini, Jusuf Kalla sempat mampir di kantor Bupati Tana Toraja dan disambut Wabup Victor bersama jajaran pejabat Pemkab Tana Toraja.

Handover (Diskominfo Tana Toraja).

Wabup Victor didepan Jusuf Kalla juga melaporkan kontribusi PT. Malea kepada masyarakat Toraja, serta progress PMI Tana Toraja.

“Soal perkembangan pembangunan proyek bandara buntu kunyi juga saya sempat sampaikan ke Pak JK,” kata Victor Datuan Batara.

Sebelum meninggalkan Toraja, Jusuf Kalla, juga mampir di Show roomy Toyota Kalla Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Selama kunjungan di Toraja, JK tetap mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Tana Toraja dan Kodim 1414 Tana Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here