Warga Padamkan Kebakaran Hutan Seluas 20 Ha Di Toraja Dengan Alat Seadanya

60
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Dusun Buntu Tampo, Kelurahan Tampo, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (8/9/2019).

Kronologis kejadian menurut tim Manggala Agni, Ashad, yang mendapat laporan dari masyarakat bahwa api mulai terlihat dari sore hari tanggal 07 September 2019 namun tidak dilaporkan.

Selanjutnya pada tanggal 08 September 2019 pukul 13.00 Wita Team Manggala Agni beserta tiga Unit Mobil Damkar Pemda Tator tiba dilokasi kejadian dan langsung memadamkan api dibantu oleh aparat dan masyarakat setempat.

Pada pukul 15.30 Wita api dapat dipadamkan sementara aparat masih dilokasi bersama masyarakat beserta Tim Manggala Agni untuk memastikan tidak terjadi nyala api yg dapat menimbulkan kebakaran.

Kebakaran ini menghanguskan 20 Ha hutan dan lahan masyarakat yang didalamnya terdapat pohon Pinus habis terbakar.

Jarak lokasi kebakaran dari pemukiman warga sekitar 100 meter. Api melebar dengan cepat karena tiupan angin yang kencang serta lokasi yang sulit dijangkau membuat Unit Damkar susah masuk ke lokasi sehingga pemadaman dilakukan secara manual menggunakan ranting pohon.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti namun diduga akibat adanya gesekan ranting pohon yg menimbulkan percikan api krn cuaca panas akibat dari kemarau.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here