Wujudkan Pilkada Tana Toraja Yang Sehat, Kapolres Tana Toraja Kunjungi PC NU Dan MUI Tana Toraja

113
0
Handover (Humas Polres Toraja Utara).

Updatekareba.Com, Toraja – Dalam rangka menggalang dukungan Pilkada Tana Toraja 2020 yang sehat, aman dan damai, Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH, mengunjungi sekretariat pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kab. Tana Toraja, yang beralamatkan di Jl. Merdeka No. 46 Makale.

Kunjungan silaturrahmi dari Kapolres Tana Toraja ini di terima oleh Ketua Tanfidziyah NU Kab. Tana Toraja, H. Ahmad Toago bersama tokoh tokoh NU Kab. Tana Toraja.

Turut hadir menerima kunjungan Kapolres Tana Toraja, Ketua Barisan Ansor Serbaguna NU Tana Toraja atau yang disingkat Banser NU Tator, yang diketuai oleh Sidik Toago.

Pada sambutan penerimaannya, Ketua Tanfidziyah NU Tator, H. Ahmad Toago mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolres Tana Toraja.

“ini merupakan pertama kalinya Kapolres Tana Toraja mengunjungi PCNU untuk bersilaturahmi, kami berterima kasih dan mengharapkan arahan dari beliau terkait hal hal apa yang perlu di lakukan khususnya di masa Pilkada Tana Toraja 2020 yang saat ini sedang berlangsung,” Kata sambutan dari H. Ahmad Toago.

Turut hadir bersama Kapolres, jajaran PJU Polres Tana Toraja, Kabag Ops Kompol Pither Marimbun, Kasat Intelkam AKP. Slamet Paryanto dan Kasat Lantas Iptu H. Muh. Nawir.

Awali sambutannya, AKBP. Sarly Sollu,SIK,MH, mengungkapkan rasa terimakasih atas penerimaan dan sambutan yang hangat dan penuh keramahtamahan yang diberikan oleh Ketua PC. NU bersama dengan jajarannya.

Dihadapan Ketua Tanfidziyah beserta pengurus cabang NU Kab. Tator, Sarly Sollu menjelaskan terlebih dahulu komitmen dari Polres Tana Toraja memegang teguh Netralitas di Pilkada Tana Toraja.

“Kami, jajaran Polres Tana Toraja sudah berkomitmen untuk menjunjung tinggi netralitas di Pilkada Tana Toraja, untuk itu demi mewujudkan harapan masyarakat pada pelaksanaan Pilkada yang aman damai dan sejuk, kami mengajak kepada semua pihak untuk bersama sama mewujudkan Pilkada damai, dengan cara menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani tanpa dipengaruhi oleh politik uang atau pemberian materi atau janji-janji, jangan mudah percaya dengan berita bohong dan jangan menyebarkan serta hindari ujaran kebencian, sehingga pilkada dapat berjalan dengan aman dan sehat serta toraja kembali bermartabat,” Kata Sarly Sollu.

Sarly Sollu juga mengingatkan jika saat ini pandemi covid-19 belum berlalu, ia pun menghimbau agar selalu menjaga kesehatan, cuci tangan dan menggunakan masker.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sarly Sollu mengajak warga NU Tana Toraja untuk bersama sama mewujudkan Pilkada Tana Toraja yang sehat, aman, damai dan sejuk , serta Toraja Bermartabat.

“Karena kita semua memiliki tanggungjawab untuk memelihara situasi aman, saya ( Kapolres Tana Toraja ), mengajak warga toraja khususnya warga NU untuk ikut berpartisipasi aktif menjaga situasi tetap kondusif dan aman, serta mewujudkan Toraja Bermartabat, Bermartabat karena Masyarakatnya Sadar Hukum, Bermartabat karena masyarakatnya religius, Bermartabat karena masyarakatnya yang bergotong royong,” Pungkas Sarly Sollu.

Sementara disela kunjungan ke Bandara Airport Toraja di Mengkendek, dalam rangka meninjau kesiapan Penyambutan Kunker Presiden Republik Indonesia di Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK,MH, mendampingi Pjs. Bupati Tana Toraja H. Asri Sahrun Said, menyempatkan waktu untuk mengunjungi Ketua MUI Tana Toraja, KH. Zainal Muttaqien di mesjid Nurul Falah, Ge’tengan, Kab. Tana Toraja. Senin (9/11/2020).

Silaturrahmi ini berlangsung di dalam mesjid Nurul Falah.

KH. Zainal Muttaqien bersama sejumlah pengurus mesjid Nurul Falah, menyambut kedatangan 2 Pejabat Forkopimda Tana Toraja ini.

Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu SIK, MH di hadapan Ketua MUI, mengajak kepada segenap warga, khususnya Pengurus Cabang MUI untuk bersama sama menjaga Pilkada Tana Toraja dari segala bentuk politisasi agama maupun tempat ibadah untuk kepentingan kampanye paslon.

“Kemurnian agama dan tempat ibadah harus kita jaga dari segala bentuk politisasi, kami sangat mengharapkan bantuan dan kerjasama dari lembaga MUI Tana Toraja, karena susksenya pilkada yang aman dan damai tidak terlepas dari peran semua pihak, begitu juga dengan peran dan partisipasi dari MUI Tana Toraja yang kami yakini sangat membantu dalam mewujudkan Pilkada yang aman damai sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat,” Harap Sarly Sollu.

Senada dengan Sarly Sollu, Pjs. Bupati Tana Toraja H. Asri Sahrun Said, mengungkapkan harapan partisipasi aktif dari MUI Tana Toraja untuk menghimbau masyarakat menjaga Pilkada Tana Toraja dari segala bentuk perpecahan umat.

Berkaitan dengan hal ini, Ketua MUI Tana Toraja KH. Zainal Muttaqien mengatakan, dukungan dari MUI Tana Toraja telah sedari awal di komitmen, dan sampai saat ini masih konsisten mendukung Polres Tana Toraja mewujudkan Pilkada Tana Toraja 2020 yang aman, sejuk dan damai.

KH. Zainal Muttaqien yang di konfirmasi juga menyebutkan 4 hal sebagai langkah yang telah di ambil oleh MUI Tana Toraja dalam mendukung terciptanya Pilkada Damai.

Diawal keterangannya, KH. Zainal Muttaqien terlebih dahulu menegaskan terkait eksistensi MUI Tana Toraja sebagai lembaga yang tidak terkontaminasi dengan bentuk bentuk politik praktis.

“MUI adalah lembaga non politik, olehnya secara kelembagaan, MUI tidak mengusung paslon cabup, MUI adalah lembaga yang bergerak di bidang dakwah islamiyah yang menyerukan Amar Ma’ ruf Nahi Mungkar, menyerukan kebaikan mencegah kebathilan, itu yang pertama,” Tegas KH. Zainal Muttaqien terlebih dahulu.

Yang kedua, kata KH. Zainal Muttaqien, dalam menjaga netralitas, MUI Tana Toraja menginstruksikan kepada warga MUI yang ikut terlibat dalam politik praktis, agar tidak mengatasnamakan agama dan lembaga MUI.

“yang ketiga, secara kelembagaan pula, kami memberikan keleluasaan kepada warganya untuk menentukan pilihannya secara cerdas dan bertanggung jawab, karena itu adalah hak bagi setiap warga Indonesia,”Ujarnya.

“Yang keempat, dan menurut kami ini adalah perihal yang sangat penting, yaitu terwujudnya Pilkada yang aman damai dan sejuk, kita butuh Kamtibmas yang kondusif bagi terlaksananya Pilkada yang aman dan damai, olehnya MUI Tana Toraja sangat mendukung upaya upaya dari pihak Polres Tana Toraja yang berupaya keras dan berkomitmen kuat menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif menuju perwujudan Pilkada yang damai,” Tuturnya.

Terakhir, KH. Zainal Muttaqien menghimbau segenap masyarakat Tana Toraja.

“Piilhan boleh berbeda, namun kerukunan, kebersamaan dan persaudaraan tidak boleh terpecah, gunakanlah hak pilih sesuai hati nurani, gunakanlah dengan cerdas dan bertanggung jawab, setiap kebaikan yang dilakukan, akan selalu mendatangkan kebaikan pula, mari berbuat baik untuk Pilkada sehingga nantinya akan melahirkan Pilkada yang baik pula, Insya Allah,” Himbau KH. Zainal Muttaqien.

Usai temu silaturrahmi dengan KH. Zainal Muttaqien, Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK,MH, mendampingi Pjs. Bupati Tana Toraja H. Asri Sahrun Said, melanjutkan agenda memeriksa kesiapan Penyambutan Rencana Kunker Presiden RI Djoko Widodo, di Bandara Toraja Airport.(rls)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here