YRK : Pramuka  Berbakti Tanpa Henti di Tengah Pandemi

364
0
Yosia Rinto Kadang.

Updatekareba.Com, Toraja – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Toraja Utara Yosia Rinto Kadang (YRK) meminta seluruh anggota untuk menunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti di tengah pandemi. Hal itu ia sampaikan, dalam rilis pers Hari Pramuka ke 60, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, seorang pramuka tidak boleh gampang menyerah serta berputus asa. Seorang pramuka harus teguh dan yakin dalam menggapai cita-cita.

“Hal itu selaras dengan tema peringatan hari Pramuka tahun ini yaitu berbakti tanpa henti,” kata pria yang juga mantan Wakil Bupati Toraja Utara.

“Tetap patuhi protokol kesehatan dalam semangat jiwa pramuka. Dan semoga Pandemi ini segera berakhir,” urainya.

Rinto mengemukakan bahwa Kwarcab Toraja Utara juga berkontribusi aktif membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Ia katakan, Pramuka memberikan arahan-arahan kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Selaras tema hari pramuka ke 60 ‘berbakti tanpa henti’ Pramuka Kota Toraja Utara turut pula dalam upaya penanggulangan penyebaran covid19 utamanya,” jelas Rinto.

Sementara sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, mengatakan walaupun bergembira dapat mengikuti Hari Pramuka, tetapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu membuat harus disiplin menahan diri, sembari membantu menanggulangi pandemi tersebut.

Sejalan dengan arahan Presiden RI, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan. Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup.

Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga dirinya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka kita, yaitu “.

Sekadar diwartakan, tema Hari Pramuka dan peringatan 60 tahun gerakan adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional”. Sementara slogan yang merupakan inti tema teesebut adalah ” Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Sementara Upacara Peringatan HUT ke-60 Gerakan Pramuka Kabupaten Toraja Utara tahun 2021 dengan tema Berbakti Tanpa Henti yang di laksanakan di Lapangan Bakti Rantepao.

Sebagai inspektur upacara dipimpin langsung oleh Bupati Toraja Utara,  Yohanis Bassang sekaligus sebagai Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang).

Dalam sambutannya Yohanis Bassang berharap sebagai anak-anak Pramuka harus disiplin dan gesit.(*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here